Anus panas setelah buang air besar, apa yang harus saya lakukan ?

Anus panas setelah buang air besar – Kebanyakan orang malu atau segan untuk membahas yang terkait dengan kotoran atau tinja. Beberapa golongan hal ini merupakan privacy dan tidak untuk dipublikasikan atau diceritakan kepada teman maupun orang lain.

Ada juga yang menyimpan rahasia keganjalan buang air besar mereka sehingga akan mendatangkan efek yang bisa membahayakan diri sendiri. Banyak sekali pasien yang membeli obat di apotek dengan memliki persepsi berak berdarah mialah hanya wasir dan itu umum. Pemeriksaan lanjut oleh dokter akan di anjurkan untuk menghindari komplikasi. Sebuah studi populasi yang di lakukan di jakarta menunjukan 50% penderita merasakan sakit anus setelah buang air besar tidak usah di permasalahkan.

Anus panas setelah buang air besar, Mengapa?

Ada banyak sekali alasan mengapa terjadi Anus panas setelah buang air besar. Dokter akan melakukan dari mengambil sejarah rinci dari wasir.

  1. Ambeien (haemorrhoid) – Penyakit ini disebabkan oleh luka yang terjadi dari pembuluh darah yang menjadi bantalan bagi bagian anus atau lubang dubur. Pendarahan pada bagian anus sering sekali terjadi pada pasien yang memiliki sejarah sembelit maupun kesulitan membuang kotoran. Darah dari ameien akan keluar akan menetes sesudah buang air besar. Darah tidak akan bercampur dengan tinja, terkadang pasien akan merasakan adanya benjolan-benjolan bengkak halus di bagian lubang dubur. Pasien juga akan merasakan gatal dan sakit di bagian daerah dubur.
  2. Divertikulum – Merupakan kantong kecil yang ada di bagian usus besar. Pendarahan yang terjadi biasanya darah segar akan berpotong-potong seperti pendarahan haid pada wanita. pasien akan melakukan buang air besar tetapi yang keluar adalah darah segar, tidak ada tinja yang keluar. Pasien akan mengeluh jika selalu sembelit dan pergi ke toilet.
  3. kanker – Kanker ini bisa dikatakan dengan kanker usus. Tanda-tanda pertama kali muncul adalah berak berdarah yang tidak sedikit, rasa sakit yang sewaktu-waktu terjadi pada saat membuang kotoran. Darah akan bercampur dengan tinja, pasien akan mengalami perubahan diri dari segi kebiasaan BAB, diare beserta darah, sering pergi ketoilet untuk melakukan buang air besar tetapi tidak ada (tenesmus).
  4. Luka dianus (anal fissure) – Penderita akan mempunyai masalah sembelit biasa mendapat luka dibagian anus. Sering sekali keluar darah dari luka ini yaitu darah segar beserta sakit di abis dan sering pendarahan tetapi pendarahan ini bisa berhenti dengan sendirinya. Penderita akan mengidentiifikasi pada saat selesai BAB dan membersihkan dubur dengan tisu di akhir pembuangan tinja tersebut.
  5. Polip – Meupakan daging tumor yang dapat di temukan di sepanjang usus. Pendarahan yang terjadi tergantung pada lokasi polip. Semakin dekat dengan dubur maka semakin merah segar pendarahan yang terjadi. Beberapa tumor akan berpotensi untuk menjadi kanker.
  6. Angiodispasia – Merupakan pembuluh darah kecil yang tidak normal dan dapat di temukan di sekitar daerah usus. Pembuluh ini bisa menjadi lukan dan menyebabkan berak berdarah. Jenis ini dikatakan bahwa pendarahan dari merah segar kehitaman akan tergantung pada lokasi pembuluh darah.
  7. Peradangan usus (Proctitis / colitis) – Merupakan peradangan yang terjadi oleh infeski kuman. Penderita akan mengeluh bahwa diare bercampur dengan darah maupun kotoran yang lembut diselaputi darah.
  8. Obat – Ada beberapa jenis obat yang menyebabkan pendarahan seperti obat pengencer darah – warfarin dan aspirin.
Baca Juga  Penyebab, gejala dan ciri-ciri penyakit ambeien atau wasir - Waspadai !!

Apa yang dokter lakukan setelah ini ?

Setelah dokter mengambil sejaran sembilit, dokter akan melakukan pemeriksaan di dalam klink.

Anus panas setelah buang air besar, apa yang harus saya lakukan ?

  1. Abdomen – Semua dokter akan memeriksa perut untuk merasakan setiap tumor atau benjolan maupun pembengkakan yang di akibatkan oleh wasir atau ambeien.
  2. Pemeriksaan dubur – Dokter sepesialis wasir akan memeriksa bagian daerah dubur untuk melihat setiap tumor yang ada (wasir – haemorrhoid, kanker), luka(anal fissure), Dan kemudian dokter juga memasukan jari ke dalam lubang anus untuk memeriksan setiap tumor. Setelah melakukan pemeriksaan dokter akan melihat warna kotoran yang sudah menempel pada sarum tangan.
  3. Proktoskopi – Dengan menggunakan alat yang lingkungan 2-3 cm untuk melihat lubang dubur – akan terbatas kepada 8cm dari bibir mulut anus. Gel akan ditempelkan ke bagian benjolan untuk menghindari rasa sakit yang akan diderita oleh pasien.

Apakah pemeriksaan di klink wasir cukup untuk saya atau saya harus tes lebih lanjut?

Dokter bisa mendianogsa penyebab berak berdarah maupun anus panas setalah Anda melakukan buang air besar wasir atau luka. Pengobatan bisa di berikan, Jika masalah berulang atau Anda beresiko tinggi terkena kanker terutama pendarahan yang tidak bisa diidentifikasi penyebabnya. Anda akan disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter spesialis operasi.

Untuk mendapatkan perawatan lanjut dokter akan melihat dalam anis besar adalah endoskopi – colonoskopi maupun sigmoidoskopi. Alat ini berbentuk tabung yang berukurang 1,5 cm yang memiliki kamera di bagian ujung tabung untuk memungkinkan dokter melihat kedalam anus besar. Operasi ambeien memungkinkan penyebab pendarahan yang diidentifikasi sampai ke tingkat terminal ileum (sambung usus besar ke usus yang kecil).

Anda menemukan Anus panas setelah buang air besar dan darah saat buang air besar. Apa yang harus saya lakukan?

Baca Juga  Resep makanan untuk penderita ambeien agar cepat sembuh

Pasien bisa temui dokter keluarga Anda yang dekat jika mengalami pendarahan atau anus panas setelah buang air besar. Dokter akan memeriksan Anda sebagaimana yang dinyatakan di atas. Dokter akan memeriksa jika terdapat luka anus yang parah. dokter akan memberikan obat untuk meredakan nyeri dan pendarahan. Jika anda menemukan gejala seperti berak bercampur darah, kesulitan buang air besar atau sembelit, diare yang berkepanjangan Anda akan disarankan untuk referensi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Jika sudah mendapatkan perawatan dari rumah sakit tetapi benjolan anus tidak mendapatkan hasil yang memuaskan seperti benjolan kembali muncul di kemudian hari. Jika masalah seperti ini dokter akan melakukan tindakan operasi benjolan yang sudah besar, Operasi akan di lakukan jika Anda kesehatan sedang setabil.