Apa itu ambeien ?

Apa itu ambeien ? Ambeien atau wasir merupakan salah satu penyebaran vena didalam pleksus hemorroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. Ambeien atau wasir adalah pembengkakan submukosa di lubang anus yang mengandung pleksus vea, arteri kecil, dan adanya jaringan areola yang sudah menyebar.

Dunia media menyebutkan nama hemotthoid, tetapi dikalangan masyarakat awam menyebutkan dengan nama ambeien atau wasir. Penyakit ini bisa dialamai semua orang, tetapi penderita sering merasakan malu atau dianggap tidak penting maka kurang memperhatikan gangguan kesehatan. Secara garis besar bahwa ambeien bukanlah penyakit, tetapi perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darag di anus, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan disekitarnya.

Apa itu ambeien ?

Ada fungsi dari bantalan ini sebagai klep atau kutup membantu otot-otot dubur menahan fases, jika terjadi gangguan aliran darah, maka pembuluh darah ototmatis akan melebar dan membengkak, dan keadaan ini disebut dengan ambeien atau wasir.

Secara medis, ambeien dibagi menjadi dua bagian yaitu ambeien internal dan ambeien ekternal. Kami akan menjelaskan satu persatu dari artikel ini.

Ambeien internal

Bahwa ambeien internal terjadi pembengakan dan terjadi didalam rektum sehingga bisa dilihat dan juga bisa diraba. Jenis ini tidak akan menimbulkan rasa sakit sebab hanya ada sedikit syaraf didaerah rektum. Tanda-tanda yang mungkin muncul diantranya adalah pendaraham pada saat buang air besar, ambeien internal akan membesar dan keluar dari bibir anus yang menyebabkan rasa kesakitan, benjolan ambeien akan terlihat berwarna pink setelah sembuh dan masuk sendiri, tetapi ada juga yang didorong.

Ambeien ekternal

Ambeien ekternal merupakan pendarahan yang menggumpal dan menyebabkan adanya benjolan di luar anus. Rasa yang ditimbulkan adalah rasa sakit, perih dan gatal. Jika adanya penekanan atau pendorongan oleh fases, maka ambeien dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadi benjolan ambeien berwarna biru-ungu.

Baca Juga  Buang air besar berdarah

Penyabab ambeien

  • Faktor dari keturunan
  • Kehamilan kerana adanya perubahan hormon
  • Sembelit yang berkepanjangan
  • Keseringan mengejan
  • Penekanan kembali aliran vena
  • Terlalu banyak duduk
  • Diare yang berkepanjangan
  • Perenggangan

Gejala ambeien

  1. Terjadinya pendarahan didubur, darah akan keluar, menetes dan mengalir deras. Darah akan berubah warna menjadi merah muda (terang) penderita tidak akan mengalami kesakitan.
  2. Ada rasa yang mengganjal, setalah melakukan buang air besar ada sensasi rasa yang mengganjal, bahwa kondisi ini menciptakan kesan bahwa proses BAB belum selesai, dengan spontan penderita akan mengejan.
  3. Gatal, dibagian anus akan terasa nyeri dan sulit untuk dibersihkan, virus ini akan menyebabkan infeksi kulit yang memicu rasa gatal.

Ambeien pada ibu hamil

Hal yang bisa terjadi pada ibu hamil akibat dari tekanan pertumbuhan janin pada vena. Wanita hamil rentan sekali terkena mabeien, sebab meningkatnya kadar hormon kehamilan yang akan melemahkan dinding bagian vena dibagian dubur. Banyak sekali ibu hamil yang menderita ambeien wasir setelah 6 bulan usia kehamilannya. Dari bebrapa ibu hamil juga mengalami ambeien selama proses persalinan akibat dari tekanan sang janin yang lbih kuat. Terjadinya komplikasi setelah melahirkan juga akan memicu ambeien. Sebagai contoh kecil, lembutnya daerah vagina dan bagian anus acap menyebabkan ibu menunda buang air besar, sehingga akan memicu terjadinya sembelit dan wasir ambeien.

Pencegahan ambeien

Ada beberapa cara untuk melakukan pencegahan wasir ambeien, diantaranya :

  • Anda harus menghindari mengejan terlalu kuat pada saat BAB.
  • Cegahlah konstipasi atau sembelit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.
  • Jangan menunda untuk buang air besar, diakibatkan fases menjadi keras.
  • Makan sayur dan buah yang cukup banyak.
  • Kurangi makanan berminyak, cabe, dan pedas.
  • Oleahraga dan tidur yang cukup.
    Usahakan jangan duduk yang terlalu lama.
Baca Juga  Muncul Benjolan Kecil Di Sekitar Lubang Dubur, Bagaimana Mengobatinya

Terapi ambeien

Untuk mengobati ambeien dengan cara terapi ambeien wasir, ada dua cara pengobatan yang tidak menggunakan operasi. Kedua cara ini pastinya ada keuntungan dan kerugianya. Pada tahap yang pertama Anda bisa lakukan dalam rangka rawat jalan sedangkan pada cara kedua penderita harus dirawat karnea dilakukan pembiusan. Terapi yang sangat sederhana dapat Anda lakukan dengan cara pencahar dan diet tinggi serat.

Skleroterapi

Harus menggunakan suntikan larutan kimia yang merangsang, misal 55-10% fenol dalam minyak nabati. Penyuntikan dilakukan ke submukosa didalam jaringan areolar yang longgar dibawah ambeien internal, dimaksudkan menimbulkan peradangan steril yang mungkin kemudia menjadi fibrotik dan akan meninggalkan parut. Jika penyuntikan ini dilakukan ketempat yang lebih tepat maka tidak akan menimbulkan rasa nyeri.

Ligasi (Ikatan barron)

Jika benjolan ambeien wasir sudah membesar atau mengalami prolaps dapat ditangai dengan menggunakan ligasi gelang karet. Dengan adanya bantuan dari anuskop, mukosa diatas yang menonjol dijepit, dihisap kedalam tabung ligator khusus.Gelang karet akan didorong ke ligator dan ditempatkan secara rapat disekeliling mukosa pleksus. Maka beberapa hari kemudian mukosa akan lepas bersamaan dengan karet.

Bedah beku (Krio)

Ambeien atau wasir dapat dibekukan dengan pendingin yang khusus dengan suhu yang sangat rendah. Bedah ini tidak dipakai secara luas, karena mukosa nektorik sukar ditentukan luasnya.Bedah ini lebih tepat untuk terapi paliatif pada karsinoma rektum yang inoperabel.

Hemorrhoidektomi

Dengan menggunakan terapi ini untuk penderita mengalami keluhan menahun, pada penderita ambeien wasir stadium III dan IV. Menggunakan terapi bedag juga dapat dilakukan pada penderita ambeien wasir dengan peradangan berulang dan anemia yang tidak kunjung sembuh dengan cara yang lain lebih sederhana. Untuk penderita stadium IV mengalami trombosis dan kesakitan dapat kita tolong segera dengan hemorrhoidektomi.

Baca Juga  Jangan lakukan operasi ambeien sebelum membaca ini

Begitulah artikel ambeien, jika Anda mengalami berak berdarah maka sebaiknya segera sembuhkan dengan menggunakan Ambejoss + Salep Salwa. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail lagi silahkan klik link dibawah ini.

Obat Ambeien Alami