Gejala Ambeien Dalam Yang Harus Anda Waspadai

Gejala Ambeien Dalam Yang Harus Anda Waspadai

Ambeien dalam atau disebut juga dengan istilah wasir merupakan pembengkakan pada bagian dalam anus yang di sebabkan karena adanya pelebaran pembuluh darah atau vena bagian rektum atau anus bagian dalam. Karena letaknya di dalam rekum atau bagian dalam anus, maka ambeien dalam jarang di ketahui bahkan tak dapat di rasakan oleh penderita.

Gejala Ambeien Dalam

Ambeien dalam memang bukan penyakit yang berbahaya atau mematikan, namun perlu anda ketahui, jika anda tak menangani ambeien sejak dini, maka bisa membuat ambeien dalam menjadi parah, dan cara pengobatan atau penanganan akhirnya adalah dengan jalan operasi. Dengan begitu maka anda harus mengetahui secara pasti bagaimana gejala atau ciri-ciri ambeien dalam, agar dapat meminimalisir kemungkinan menjadi parah.

Ciri-Ciri Ambein Dalam

Pelebaran yang terjadi di bagian dalam anus atau rektum ini tak dapat terlihat dari luar, bahkan penderita tak dapat merasakannya. Biasanya benjolan ambeien dalam tahap awal tak terasa sakit, hal ini karena hanya ada sedikit saraf yang terkena benjolan. Yang bisa anda amati untuk mengetahui ciri dari ambeien dalam paling umum adalah, ketika anda sedang BAB maka feses yang keluar disertai dengan darah, hal ini karena ambeien dalam atau wasir telah pecah yang mengakibatkan pembuluh darah pecah dan mengeluarkan darah.

Agar anda lebih jelas dan dapat menyadari gejala ambeien dalam sejak dini, maka berikut ini ciri-ciri ambeien dalam.

Pembengkakan

Pelebaran pembuluh darah pada anus maka akan menyebabkan pembengkakan, atau bahkan benjolan. Hal ini juga di sebabakan karena adanya gesekan yang menyebabkan pengbengkakan dan iritasi.

Baca Juga  Penyakit ambeien (ambeyen) wasir

Munculnya darah ketika BAB

Ketika anda sedang BAB maka keluarnya feses akan disertai dengan keluarnya darah, biasnya darah yang keluar berwarna merah terang. Munculnya darah dalam feses ini karena pembuluh darah yang melebar atau penyebab ambeien dalam telah pecah karena terdesak oleh feses yang akan keluar, sehingga darah akan keluar bersama feses.

Gatal pada bagian anus atau rektum

Rasa gatal pada bagian rektum atau anus merupakan gejala umum yang dirasakan oleh penderita ambeien dalam, sehingga ini akan sangat mengganggu. Bahkan hal ini bisa menyebabkan infeksi kulit karena penderita menggaruk bagian anus secara keras.

Benjolan pada anus Prolaps

Prolapas merupakan benjolan yang di sebabkan karena pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah anus. Bahkan prolops atau benjolan ambeien dalam bisa keluar hingga melewati liang anus, dan untuk kembali masuk harus ditekan terlebih dahulu. Lebih lanjut, penjelsan tentang prolaps akan dijelaskan berdasarkan derajat ambeien dalam.

Stadium (grade) ambeien dalam :

  • Ambeien dalam derajat I, yaitu tidak muncul prolaps pada bagian rektum maupun bagian anus. Hanya ada benjolan kecil pembuluh darah yang tak sampai keluar liang anus.
  • Ambeien dalam derajat II, yaitu muncul prolaps pada bagian dalam anus, dan jika sedang BAB maka prolaps akan keluar bersama feses dan akan masuk kembali dengan sendirinya.
  • Ambeien dalam derajat III, yaitu prolaps pada bagian dalam anus akan keluar bersama feses ketika BAB dan akan masuk kembali jika ditekan menggunakan jari.
  • Ambeien dalam derajat IV, yaitu prolaps pada bagian dalam anus akan keluar melewati liang anus dan tak dapat kembali mausuk meskipun telah ditekan. Dan penaganan akhirnya adalah dengan jalan operasi atau dengan leser.

Bahaya Penyakit Wasir

Penyakit ambeien memang bukan penyakit yang berbahaya, namun jika tak ditangani dengan benar sejak dini maka akan menyebabkan menjadi parah dan harus di operasi. Dan jika harus di operasi maka tentunya akan memberikan dampak buruk usai operasi pada keberlangsungan hidup anda.

Baca Juga  Resep makanan untuk penderita ambeien agar cepat sembuh

Ambeien dalam akan ditandai dengan munculnya benjolan, dan jika benjolan ini telah keluar dari liang anus atau pada stadium IV maka benjolan tak dapat masuk kembali meskipun telah di tekan. Jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan rasa tak nyaman pada diri anda ketika beraktivitas. Terlebih lagi akan menyebabkan rasa gatal yang luar biasa kerena adanya infeksi yang disebabkan virus.

Bahaya penyakit wasir pada penderita, biasanya akan merasakan rasa sakit ketika duduk. Hal yang lebih pereh lagi ketika sedang BAB maka penderita akan merasakan rasa yang amat sakit, hal ini karena benjolan wasir pada anus akan terdesak oleh feses yang akan keluar.

Bahaya penyakit wasir yang harus anda waspadai adalah biasanya pembuluh darah akan pecah sehingga menyebabkan pembekuan trombosit yang menyebabkan wasir menjadi parah dan susah diobati.

Jika penyakit wasir masih dalam tahap awal tentunya tak akan menyebabkan bahwa penyakit wasir. Sehingga dengan penjelasan ciri-ciri ambeien dalam yang telah dijelaskan, maka anda bisa melakukan penanganan sejak dini agar ambeien dalam tak menjadi parah dan harus dioperasi.

Pengobatan Ambeien Dalam

Ketika ambein masih dalam tahap awal tentunya akan mudah untuk mengobatinya, namun jika telah parah maka pengobatannya juga akan berat. Jika anda telah mengalami penyakit ambeien dalam maka berikut ini cara pengobatan ambeien dalam berdasarkan stadium atau dreajatnya.

  • Pengobatan ambeien dalam stadium I

Karena ambeien dalam stadium I belum terjadi benjolan maka pengobatannya masih sangat mudah yaitu dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran yang mencegah terjadinya sembelit. Selain itu juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak untuk melancarkan pencernaan.

Baca Juga  Muncul Benjolan Kecil Di Sekitar Lubang Dubur, Bagaimana Mengobatinya

Ketika anda mengalami gejala wasir stadium I maka jangan menahan BAB, hal ini akan membuat pelebaran pembuluh darah pada anus semakin parah, sehingga dapat menyebabkan benjolan yang semakin besar pada anus. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk olahraga secara rutin.

  • Pengobatan ambeien dalam stadium II

Stadium II ambein dalam telah muncul benjolan yang akan keluar bersama dengan feses, maka untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang mencegah terjadinya sembelit agar pencernaan dapat lancar. Jangan menahan BAB, karena akan membuat benjolan semakin besar. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama, serta jangan menahan BAB.

  • Pengobatan ambeien dalam stadium III

Benjolan wasir pada ambein stadium III tidak bisa masuk kembali jika tidak di tekan, maka ini sudah harus di tangan dengan cara yang tepat. Dalam hal ini anda bisa menggunakan selep ambein dengan cara mengoleskan pada bagian benjolan. Selain itu anda tetap di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mencegah terjadinya sembelit.

  • Pengobatan ambein dalam stadium IV

Benjolan wasir pada ambeien dalam stadium IV tak dapat masuk kembali meskipun telah di tekan dengan jari. Maka pengobatannya adalah dengan cara konsultasi pada dokter. Jika dokter telah memutuskan operasi maka ini adalah jalan akhir dari pengobatan ambein dalam yang harus anda lakukan.

Jika ambein dalam telah pada tahap stadium IV atau akhir maka pengobatan akhir dariĀ  ambeien dalam adalah dengan jalan operasi, dan ini tentunya akan memberikan dampak yang buruk bagi anda. Sehingga sebelum anda mengalami wasir hingga stadium IV atau akhir, maka anda harus kenali ciri-ciri ambeien dalam awal agar anda bisa melakukan pencegahan dini dengan cara pengobatan yang masih ringan.