Penyakit Wasir : Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Wasir / Hemorrhoid

Apa itu Wasir?

Penyakit Wasir atau ambeien atau juga disebut Hemorrhoids adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Penyakit Wasir atau Ambeien/ Hemorrhoid adalah pelebaran vena di dalam pleksus hemorroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. Hemorrhoid merupakan pembengkakan submukosa pada lubang anus yang mengandung pleksus vena, arteri kecil, dan jaringan areola yang melebar.

Hemorrhoid, ambeien, atau wasir dapat dialami oleh siapapun. Namun seringkali penderita merasa malu atau dianggap tidak penting maka kurang memperhatikan gangguan kesehatan ini. Secara anatomi ambeien bukanlah penyakit, melainkan perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya.

Fungsi bantalan ini sebagai klep/ katup yang membantu otot-otot dubur menahan feses. Bila terjadi gangguan (bendungan) aliran darah, maka pembuluh darah akan melebar dan membengkak, keadaan ini disebut ambeien.

Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai “wasir” dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

Perawatan awal untuk penyakit wasir yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi nyeri, dan istirahat. Beberapa prosedur kecil dapat dilakukan jika gejalanya parah atau tidak membaik dengan penanganan konservatif. Pembedahan dibatasi hanya untuk pasien yang penyakit wasirnya tidak membaik setelah berbagai tindakan tersebut dilakukan. Setengah dari seluruh populasi dapat mengalami wasir suatu saat di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik.
Anda mungkin telah mendengar NSAID dari dokter atau apoteker Anda.

NSAID

Apa itu NSAID?

NSAID adalah obat non-steroid anti-inflamasi yang umum digunakan untuk mengobati gangguan muskuloskeletal. Terutama digunakan untuk meringankan gejala berikut:
– Nyeri yaitu rasa sakit yang disebabkan oleh peregangan otot, keseleo, sakit kepala, migrain, dan dismenore (nyeri kram saat menstruasi).
– Demam. NSAID juga dapat mengurangi suhu tubuh.
– Peradangan. NSAID sering digunakan untuk meredakan peradangan dalam kondisi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.
NSAID yang paling umum digunakan adalah aspirin dan ibuprofen. Obat ini biasanya ditemukan di apotek setempat dan dapat dibeli tanpa resep dokter. Untuk NSAID yang lebih kuat, Anda akan perlu resep dari dokter. Penting untuk mendiskusikan dengan dokter Anda jika NSAID yang lebih kuat tepat untuk Anda.

Bagaimana cara kerja NSAID?

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara obat ini bekerja. Kita akan menjelaskan kepada Anda bagaimana NSAID dapat membantu meringankan rasa sakit dan demam.

Biasanya, tubuh Anda memproduksi bahan kimia yang disebut prostaglandin untuk menyembuhkan jaringan yang rusak, melindungi lapisan perut Anda dari asam dan mendukung pembekuan darah trombosit. Prostaglandin diproduksi oleh enzim yang disebut siklooksigenase (COX), yang terdiri dari dua jenis: COX I dan COX II. Kedua enzim COX bertanggung jawab untuk meningkatkan peradangan dan demam sementara hanya COX I yang menghasilkan prostaglandin yang melindungi lapisan perut dan menyokong trombosit.

NSAID bekerja dengan menghalangi COX I dan COX II. Karena prostaglandin yang melindungi lapisan perut dan meningkatkan pembekuan darah berkurang, NSAID dapat berpotensi menyebabkan radang perut dan perdarahan. Disarankan untuk mengambil NSAID dengan makanan untuk menghindari iritasi lambung. Inhibitor COX II mirip dengan NSAID. Mereka bekerja dengan menghalangi COX II untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Obat ini termasuk celecoxib dan rofecoxib.

Apa yang harus saya ketahui sebelum menggunakan NSAID?

Sebelum menggunakan NSAID Anda harus tahu beberapa risiko dari penggunaan NSAID. Penggunaan NSAID dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke ketika Anda memiliki penyakit jantung dan menggunakan obat ini untuk jangka waktu yang lama.
NSAID tidak boleh digunakan tepat sebelum atau setelah operasi jantung disebut “coronary artery bypass graft (CABG).”

Obat NSAID dapat menyebabkan bisul dan perdarahan di lambung dan usus pada waktu kapan saja selama pengobatan. Ulkus dan perdarahan dapat terjadi tanpa gejala peringatan dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.

Risiko Anda mengalami perdarahan dan memiliki ulkus dapat meningkat jika Anda:

√ Menggunakannya bersamaan dengan antikoagulan dan kortikosteroid
√ Merokok
√ Menggunakan NSAID untuk jangka waktu yang lama
√ Meminum alkohol
√ Lanjut usia
√ Atau memiliki kesehatan yang buruk

NSAID tidak dianjurkan untuk orang-orang berikut:

 Mereka yang memiliki riwayat serangan jantung sebelumnya, stroke atau gagal jantung.
 Orang yang berusia 75 tahun atau lebih.
 Orang dengan diabetes.
 Perokok.
 Orang dengan tekanan darah tinggi.
 Penderita asma.
 Sedang hamil atau menyusui.
 Memiliki riwayat penyakit ginjal yang signifikan.
 Memiliki riwayat penyakit hati yang signifikan.
 Memiliki sakit maag aktif (sakit pada lapisan perut), atau berisiko tinggi terkena sakit maag.

Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi di atas, Anda harus memberi tahu dokter Anda sebelum menggunakan NSAID untuk perawatan Anda.

Obat NSAID hanya harus diinstruksikan oleh dokter Anda, dengan dosis serendah mungkin untuk perawatan Anda, dan dengan waktu singkat sesuai keperluan. Untuk nyeri ringan sampai sedang Anda dapat menggunakannya sebagai keperluan dasar.

Aspirin adalah obat NSAID tetapi tidak meningkatkan risiko serangan jantung. Aspirin dapat menyebabkan perdarahan di otak, perut, dan usus. Aspirin juga dapat menyebabkan luka di lambung dan usus.

Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 16 tahun kecuali dianjurkan oleh dokter. Juga, beberapa orang dengan asma mungkin terkena serangan yang dipicu oleh aspirin atau NSAID. Silakan berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat tersebut.

Apa efek samping dari NSAID?

Seperti obat lainnya, ada beberapa efek samping yang tidak diinginkan dapat terjadi dan Anda harus mengetahuinya. Beberapa efek samping yang serius dari NSAID termasuk:
• Serangan jantung
• Stroke
• Tekanan darah tinggi
• Gagal jantung akibat pembengkakan tubuh (retensi cairan)
• Masalah ginjal termasuk gagal ginjal
• Perdarahan dan luka di lambung dan usus
• Sel darah merah rendah (anemia)
• Reaksi kulit yang mengancam jiwa
• Reaksi alergi yang mengancam nyawa
• Masalah hati termasuk gagal hati
• Serangan asma pada orang yang memiliki asma

Beberapa efek samping ringan dari NSAID dapat mencakup:

 Sakit perut
 Sembelit
 Diare
 Gas
 Mulas
 Mual
 Muntah
 Pusing

Kapan Anda harus menghubungi dokter Anda?

Anda harus berhenti minum obat NSAID dan hubungi dokter segera jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut:
 Muntah darah
 Terdapat darah dalam feses
 Kenaikan berat badan yang tidak biasa
 Ruam kulit atau kulit melepuh dengan demam
 Pembengkakan pada lengan dan kaki, tangan, dan telapak kaki
NSAID tidak bisa digunakan untuk semua orang. Silakan bicarakan dengan dokter atau apoteker untuk melihat apakah NSAID tepat untuk Anda.

Ambeien/Wasir

Perbedaan Wasir dan Ambeien Serta Bahayanya

Wasir dan Ambeien adalah penyakit yang sama. Ambeien / wasir merupakan nama lain dari penyakit yang dikenal dengan nama hemoroid pada istilah medis. BAB keras dan adanya benjolan yang keluar saat mengejan bisa saja merupakan salah satu tanda wasir yang sering dikeluhkan banyak orang.

Penyakit Wasir adalah pelebaran pembuluh darah vena pada bagian dubur akibat aliran darah balik vena yang tidak sempurna akibat kerusakan pada katup vena. Biasa diderita pada orang yang sering mengalami konstipasi (BAB keras) dan kebiasaan meneran atau orang dengan pekerjaan yang banyak menggunakan otot perut dan terjadi peningkatan tekanan dalam perut yang lama.

Gejala wasir internal (wasir dalam) dikategorikan menjadi 4 tingkatan dengan keluhan yang khas dan penanganan yang masih bisa dilakukan pada tiap tingkatan tahap gejala :

Stadium 1         : BAB berdarah / disertai tetesan darah merah segar saat BAB. Biasanya benjolan hanya terjadi setempat dan berukuran kecil. Penanganan bisa diberikan dengan pola makan dan obat topikal, suppositoria maupun minum.

Stadium 2        : Terdapat benjolan yang  keluar tiap BAB namun bisa masuk sendiri setiap berhenti meneran tanpa perlu tindakan khusus. Penanganan yang diberikan adalah dengan diberikan obat minum untuk mengurangi pembengkakan  dan perubahan pola makan serta hidup sehat.

Stadium 3        : Benjolan akan keluar saat meneran dan Membutuhkan tindakan pemasukkan benjolan dengan bantuan dorongan dari luar karena benjolan tidak bisa masuk secara otomatis . Terdapat rasa nyeri pada saat BAB dan meneran, duduk dll. Dibutuhkan tindakan operatif.

Stadium 4        : Terdapat benjolan keluar , nyeri yang sangat dan berdarah serta tidak bisa didorong kembali. Membutuhkan tindakan operatif.

 

Tingkatan Wasir

Sementara wasir luar (wasir eksternal) biasa terdapat benjolan di sekitar cincin anus yang bengkak dan nyeri, jika terjadi komplikasi bisa menimbulkan trombosis vena yang sangat nyeri dan membutuhkan tindakan operatif. Penanganan wasir secara umum bisa dikategorikan menjadi :

– Obat oles/ topikal.
– Obat suppositoria.
– Obat minum.
– Injeksi sklerosan.
– Pengikatan vena.
– Koagulasi/ kauter.
– Perubahan pola makan yang sehat dengan memperbanyak sayuran dan buah (tinggi serat) dan banyak mengkonsumsi cairan.
– Obat laksatif/ pencahar.
– Menghindari kebiasaan mengejan.

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk penderita wasir adalah :
– Olahraga.
– Makan makanan kaya serat = buah, gandum, sereal, sayuran dll.
– Minum banyak cairan.
– Hindari duduk terlalu lama.
– Hindari meneran kuat.
– Hindari mengangkat barang berat.

Penyakit Wasir

Macam Macam Penyakit Wasir

Wasir dibedakan dalam dua jenis, yaitu Wasir Ekternal dan Wasir Internal
Kedua jenis ini dibedakan atas posisinya relatif terhadap garis dentata. Beberapa orang tertentu dapat menunjukkan versi simtomatis keduanya. Jika disertai nyeri, kondisinya lebih menyerupai fisura ani atau wasir eksternal dan bukan wasir internal.

Wasir internal dan eksternal dapat muncul berbeda; namun, banyak orang dapat mengalami keduanya. Jarang dijumpai perdarahan yang signifikan hingga menyebabkan anemia, dan lebih jarang lagi perdarahan yang mengancam nyawa. Banyak orang merasa malu ketika menghadapi masalah ini dan biasanya baru mencari perawatan medis ketika kasusnya sudah lanjut.

wasir luar

 

Wasir Eksternal

Wasir eksternal adalah jenis yang timbul di bawah dentata atau garis pektinatus. Penyakit Wasir ini terliputi di dekatnya oleh anoderma dan di sisi jauhnya oleh kulit, keduanya sensitif terhadap nyeri dan suhu. Wasir eksternal yang tampak di sekitar anus manusia. Wasir eksternal disertai trombosis

Baca Juga  Apakah Benjolan Wasir Bisa Hilang sendiri ? Baca disini

Jika tidak terkena trombosis, wasir eksternal dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, jika terkena trombosis, wasir dapat sangat menyakitkan. Namun, nyeri ini biasanya hilang dalam 2 – 3 hari. Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika wasir besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.

Akrokordon atau yang juga dikenal skin tags tidaklah menyakitkan, merupakan pertumbuhan daging di kulit (bukan kanker) yang menyerupai balon kecil dan berwarna seperti kulit yang tergantung di tangkai tipis. Mereka terbentuk saat pembuluh darah dan serat kolagen lepas membentuk daging kecil yang tumbuh di permukaan kulit. Skin tags paling umum terjadi pada kulit orang dewasa, sekitar lebih dari 75% populasi orang dewasa. Skin tags juga bisa berkembang pada bayi dan balita, namun hal itu jarang terjadi.

Skin tags awalnya berukuran sangat kecil (kira-kira 2 mm sampai 1 cm). Ada yang tetap kecil tapi ada juga yang bisa tumbuh hingga 5 cm. Benjolan ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana pun, namun lebih sering berkembang pada lipatan kulit yang kering dimana kulit saling bergesekan, seperti ketiak, di bawah payudara, leher, kelopak mata, dan selangkangan.

Meskipun skin tags memiliki beberapa kesamaan dengan kutil, namun keduanya berbeda. Kutil cenderung lebih kasar dan cenderung rata, sementara skin tags umumnya lebih halus dan terlihat seperti benjolan kecil. Selain itu, tidak seperti kutil, skin tags tidak menular dan secara umum bukan disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), walaupun beberapa kasus dapat dikaitkan dengan HPV.

Skin tags pada umumnya tidak berbahaya, namun pasien dapat menghilangkannya melalui prosedur nonsurgical, termasuk kauterisasi dan bedah krio.

Penyebab Akrokordon

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa skin tags dapat terbentuk saat kelompok kolagen dan pembuluh darah terjebak di dalam bagian kulit yang lebih tebal. Di penelitian lain, ditunjukkan bahwa mereka adalah tanda peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, aterosklerosis, atau beberapa sindrom metabolik.

Faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena skin tags meliputi:

 Riwayat keluarga skin tags
 Tekanan darah tinggi
 Kadar kolesterol tinggi
 Resistensi insulin
 Obesitas – Orang yang kelebihan berat badan dengan kelebihan lipatan kulit lebih mudah terkena skin tags daripada mereka yang memiliki berat badan ideal.
 Kehamilan – Mengubah kadar hormon dan meningkatkan tingkat faktor pertumbuhan selama kehamilan dapat menyebabkan skin tags berkembang.
 Beberapa jenis human papilloma virus (HPV)
 Diabetes tipe 2
 Memakai pakaian yang ketat – Gesekan berulang yang disebabkan karena mengenakan pakaian ketat dapat berkontribusi pada pembentukan skin tags.

Gejala Utama Akrokordon

Skin tags biasanya tidak menimbulkan gejala lain selain adanya pertumbuhan di kulit yang berwarna sedikit lebih gelap pada lipatan kulit kering. Umumnya, mereka tidak menimbulkan rasa sakit, namun bisa berdarah atau menyebabkan ketidaknyamanan jika tergores oleh pakaian sehingga menyebabkan iritasi.

Siapa yang Perlu Ditemui dan Jenis Pengobatan yang Tersedia

Secara umum, skin tags tidak memerlukan perawatan karena umumnya tidak menimbulkan rasa sakit ataupun bahaya. Namun, jika benjolan tersebut terasa mengganggu, seperti saat berdarah setiap kali tergesek pada pakaian atau jika tumbuh terlalu banyak, maka sebaiknya dilakukan perawatan.

Pasien yang ingin menghapus skin tags mereka dapat berkonsultasi dengan ahli kulit (spesialis perawatan kulit), dokter penyakit dalam, atau dokter keluarga. Jika skin tags berkembang mendekati batas kelopak mata, maka juga perlu berkonsultasi dengan dokter mata (spesialis mata).

Sebelum daging yang tumbuh dihapus, dokter akan terlebih dahulu mengamati dengan hati-hati untuk memastikan bahwa kondisi yang dialami memang skin tags. Jika pertumbuhannya menimbulkan darah, perubahan yang cepat, atau memiliki penampilan yang tidak biasa, maka dokter akan mengambil sampel jaringan untuk kemudian dianalisis di laboratorium guna memastikan bahwa hal tersebut bukan kanker kulitkanker).

Cara menghilangkan Skin tag:

Kauterisasi – Metode ini menggunakan instrumen/alat yang dipanaskan secara elektrik untuk membakar skin tags. Prosedur ini sering dilakukan dengan membuat mati rasa atau dengan anestesi lokal jika skin tags tumbuh cukup banyak. Pada prosedur ini, pasien biasanya diberi obat penahan nyeri untuk mengatasi rasa sakit yang diperkirakan berlangsung beberapa hari.

Bedah krio – Dengan metode ini, skin tags dibekukan menggunakan nitrogen cair untuk menghilangkan jaringan abnormal. Cairan tersebut bisa disemprotkan pada skin tags atau melalui tabung yang disebut cryoprobe. Cryosurgery sangat efektif namun berisiko menyebabkan kerusakan pada jaringan saraf yang lain. Pada prosedur ini, biasanya pasien mengalami nyeri dan kemerahan lokal, yang biasanya cukup diatasi dengan analgesik ringan.

Mengikat – Dilakukan dengan cara mengikat skin tags di bagian pangkalnya dengan menggunakan benang gigi atau bahan semacamnya untuk menghalangi aliran darah. Hal ini akan menyebabkan jaringan abnormal mati dan akhirnya skin tags terjatuh dengan sendirinya.

Eksisi – Melibatkan pemotongan skin tags menggunakan gunting atau alat yang serupa lainnya. Hal ini sering direkomendasikan untuk skin tags yang besar atau yang tidak berhasil diatasi dengan metode yang lain pengobatan lainnya. Cara ini juga sangat efektif, namun sering diikuti dengan perdarahan yang berlebihan.

Prognosis – Prognosis jangka panjang untuk pasien yang menjalani perawatan skin tag seringkali sangat baik. Namun, tidak ada jaminan bahwa pertumbuhan skin tags tidak akan muncul lagi.

wasir dalam

 

Wasir Internal

Penyakit Wasir internal biasanya muncul tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar. Darahnya biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematokezia, ada pada kertas toilet, atau menetes ke dalam kloset. Fesesnya sendiri biasanya berwarna normal. Gejala lain di antaranya dapat berupa keluarnya lendir, massa di sekitar anus jika lendir ini turun ke anus, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Wasir internal biasanya hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis.

Nekrosis adalah Perubahan struktural sel yang mengalami nekrosis dan apoptosis.
Nekrosis dari bahasa yunani νέκρωσις “kematian, tahap kematian, tindak pembunuhan” dari νεκρός “mati”) adalah bentuk cedera sel yang mengakibatkan kematian prematur sel-sel pada jaringan hidup dengan autolisis.

Nekrosis disebabkan oleh faktor-faktor eksternal sel atau jaringan, seperti infeksi, racun, atau trauma yang mengakibatkan pencernaan tidak teratur komponen-komponen sel. Sebaliknya, apoptosis adalah penyebab terprogram alami dan tertarget kematian sel.
Sementara apoptosis sering memberikan efek menguntungkan bagi organisme, nekrosis hampir selalu merugikan dan bisa berakibat fatal.

Kematian seluler akibat nekrosis tidak mengikuti jalur transduksi sinyal apoptosis; berbagai reseptor diaktifkan mengakibatkan hilangnya integritas membran sel dan rilis tidak terkendali produk kematian sel ke ruang ekstraseluler.

Peristiwa ini memicu respons inflamasi di jaringan sekitar, menarik leukosit serta fagosit yang dekat menghabisi sel-sel mati dengan fagositosis. Namun, zat-zat pengrusak mikroba yang dirilis oleh leukosit akan membuat kerusakan tambahan pada jaringan di sekitarnya. Kerusakan tambahan yang berlebihan ini menghambat proses penyembuhan.

Dengan demikian, nekrosis yang tidak ditangani menghasilkan timbunan jaringan dan debris sel mati yang membusuk pada atau dekat lokasi kematian sel. Contoh klasik yaitu gangren. Untuk alasan ini, sering kali diperlukan menghilangkan jaringan nekrotik melalui pembedahan, prosedur yang dikenal sebagai debridemen.

Klasifikasi

Tanda struktural yang menunjukkan cedera sel ireversibel dan perkembangan nekrosis termasuk gumpalan padat dan gangguan progresif material genetik, serta gangguan pada membran sel dan organel.

Penyebab

Penyebab sesungguhnya dari penyakit wasir yang bergejala belum diketahui dengan jelas. Sejumlah faktor dipercaya turut berperan termasuk:
• kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare),
• kurang olahraga,
• faktor nutrisi (diet rendah serat),
• peningkatan tekanan intra-abdomen (kembung berkepanjangan,
• ascitis, adanya massa intra-abdomen, atau kehamilan),
• genetik,
• tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh hemoroid,
• dan usia lanjut.

Faktor lain yang diduga meningkatkan risikonya termasuk
• obesitas,
• duduk dalam jangka waktu lama,
• batuk kronik,
• dan gangguan fungsi dasar panggul.
Namun, sangat sedikit bukti mengenai keterkaitan ini.

Selama kehamilan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Proses melahirkan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen. Wanita hamil jarang memerlukan pembedahan, karena gejalanya biasanya hilang setelah melahirkan.

Patofisiologi

Bantalan hemoroid merupakan bagian normal anatomi manusia dan menjadi penyakit patologis hanya ketika bagian ini mengalami perubahan abnormal. Terdapat tiga bantalan utama dalam saluran anus normal. Biasanya bantalan ini terletak di posisi lateral kiri, anterior kanan, dan posterior kanan. Semuanya tidak tersusun atas arteri atau vena tetapi pembuluh darah yang disebut sinusoid, jaringan ikat, dan otot polos. Sinusoid tidak mempunyai jaringan otot di dindingnya, seperti yang ada pada vena. Kelompok pembuluh darah ini dikenal sebagai pleksus hemoroid.

Bantalan hemoroid penting untuk kontinensia. Kontinensia adalah kemampuan untuk mengontrol waktu buang air kecil atau buang air besar. Bagian ini berperan dalam memberikan 15–20% tekanan penutupan anus saat istirahat dan melindungi otot sfingter ani selama pengeluaran kotoran.

Ketika seseorang mengejan, tekanan intra-abdomen meningkat, dan bantalan hemoroid membesar membantu mempertahankan agar anus tetap tertutup. Dipercaya bahwa gejala wasir terjadi ketika struktur vaskuler ini turun ke bawah atau ketika tekanan vena meningkat secara berlebihan. Peningkatan tekanan sfingter ani juga dapat berperan dalam gejala wasir.

Ada dua jenis gejala wasir yang dapat timbul: internal dari pleksus hemoroid superior dan eksternal dari pleksus hemoroid inferior. Garis dentata membagi kedua daerah tersebut.
Wasir biasanya didiagnosis melalui pemeriksaan fisik. Pemeriksaan visual pada anus dan area sekitarnya dapat mendiagnosis wasir eksternal atau prolaps.

Colok dubur dapat dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya tumor rektal, polip, pembesaran prostat, atau adanya abses. Pemeriksaan ini mungkin tidak dapat dilakukan tanpa sedasi yang sesuai karena nyeri yang timbul, walaupun kebanyakan wasir internal tidak menyebabkan nyeri. Konfirmasi visual wasir internal mungkin perlu dilakukan dengan anoskopi, suatu alat berbentuk tabung berlubang yang dilengkapi lampu pada satu sisinya.

Wasir internal adalah jenis yang timbul di atas garis dentata. Jenis ini tertutup oleh epitel kolumnar yang tidak mempunyai reseptor nyeri. Jenis ini dikelompokkan pada tahun 1985 ke dalam empat tingkat berdasarkan derajat prolaps.

– Tingkat I: Tanpa prolaps. Hanya penonjolan pembuluh darah.
– Tingkat II: Prolaps ketika mengejan tetapi berkurang secara spontan.
– Tingkat III: Prolaps ketika mengejan dan perlu didorong kembali secara manual.
– Tingkat IV: Prolaps dan tidak dapat didorong kembali secara manual.

Diagnosis Banding

Banyak masalah anorektal, termasuk fisura, fistula, abses, kanker kolorektal, varises rektal dan gatal-gatal mempunyai gejala serupa dan dapat secara keliru dianggap wasir. Perdarahan melalui rektum juga dapat terjadi karena kanker kolorektal, kolitis termasuk penyakit radang usus, penyakit divertikular, dan angiodisplasia. Jika ada anemia, penyebab potensial lainnya harus dipertimbangkan.

Kondisi lain yang menyebabkan terjadinya massa pada anus termasuk: akrokordon, kutil pada anus, prolaps rektum, polip, dan pembesaran papilla anus. Varises anorektal akibat peningkatan hipertensi portal (tekanan darah dalam sistem vena portal) dapat timbul menyerupai wasir tetapi merupakan kondisi yang berbeda.

Pencegahan

Disarankan sejumlah langkah pencegahan termasuk menghindari mengejan ketika buang air besar, menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat, dan cukup berolahraga. Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.

Baca Juga  Cara menyembuhkan ambeien dengan cepat & efektif

Pengelolaan

Pengelolaan dapat dilakukan dengan cara konservatif. Perawatan konservatif biasanya terdiri dari nutrisi dengan diet tinggi serat, asupan cairan secara oral untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), rendam duduk, dan istirahat. Asupan serat yang tinggi memberikan hasil yang baik, dan dapat dicapai dengan mengubah diet atau mengkonsumsi suplemen serat. Tidak banyak bukti yang mendukung manfaat dilakukannya rendam duduk selama masa perawatan. Dan jika hal ini dilakukan, harus dibatasi hanya selama 15 menit saja setiap kali.

Walaupun tersedia banyak obat topikal dan supositoria untuk mengobati hemoroid, manfaat obat-obatan ini belum menunjukkan bukti yang nyata. Senyawa yang mengandung steroid tidak boleh digunakan lebih dari 14 hari karena dapat menyebabkan penipisan kulit. Kebanyakan senyawa yang digunakan merupakan kombinasi dari berbagai zat aktif.

Kombinasi ini biasanya terdiri dari krim pelapis seperti vaselin atau zink oksida, senyawa analgesik seperti lidokain, dan vasokonstriktor seperti epinefrin. Manfaat flavonoid dengan efek sampingnya masih perlu dipertanyakan. Gejala biasanya hilang pada saat kehamilan; sehingga pengobatan ditindaklanjuti setelah melahirkan.

Prosedur

Sejumlah tindakan dapat dilakukan di tempat praktik. Walaupun pada umumnya aman, efek samping serius seperti sepsis perianal mungkin juga terjadi.

Ligasi gelang karet biasanya disarankan sebagai penanganan pertama bagi penderita dengan derajat penyakit 1 sampai 3. Ini merupakan prosedur dimana gelang karet dipasangkan ke hemoroid internal setidaknya 1 cm di atas garis dentata untuk menghambat suplai darah. Setelah 5–7 hari, hemoroid yang mengering akan terlepas. Jika gelang karet diletakkan terlalu dekat dengan garis dentata, akan timbul rasa nyeri yang berat setelahnya. Tingkat penyembuhan dengan metode ini mencapai 87% dengan tingkat komplikasi mencapai 3%.

Skleroterapi melibatkan suntikan zat pembuat sklerosis, seperti fenol, ke dalam hemoroid. Tindakan ini menyebabkan dinding pembuluh vena mengempis sehingga hemoroid mengerut. Tingkat keberhasilan tindakan setelah empat tahun adalah ~70% ternyata lebih tinggi dari ligasi gelang karet.

Sejumlah metode kauterisasi cukup efektif untuk menangani hemoroid, tetapi hanya digunakan bila metode lainnya tidak berhasil. Prosedur ini menggunakan elekrokauteri, radiasi infra merah,bedah laser, atau bedah beku. Kauterisasi inframerah merupakan opsi untuk kondisi penyakit tingkat 1 atau 2. Untuk mereka dengan penyakit tingkat 3 atau 4 tingkat kekambuhan sangat tinggi.

Operasi Wasir

Pembedahan

Sejumlah teknik pembedahan dapat dilakukan bila penanganan secara konservatif dan prosedur sederhana gagal. Semua pengobatan melalui pembedahan melibatkan komplikasi hingga derajat tertentu termasuk di dalamnya perdarahan, infeksi, striktur ani dan retensi urine, disebabkan karena kedekatan letak rektum dengan sistem saraf yang menuju kandung kemih.

Terdapat juga kemungkinan risiko inkontinensia fekal (tidak dapat menahan buang air besar), terutama dalam bentuk cairan, dengan laju dilaporkan berkisar antara 0% dan 28%. Kondisi lain yang dapat timbul setelah proses pengangkatan hemoroid adalah ektropion mukosa (biasanya disertai stenosis anus). Di sini biasanya mukosa anus keluar dari anus, suatu kondisi yang lebih ringan dari prolaps rektum.

Pengangkatan hemoroid secara bedah eksisi merupakan suatu pembedahan dengan pemotongan jaringan hemoroid, hanya dilakukan pada kasus yang parah.

Pada umumnya menyebabkan nyeri pascaoperasi yang bermakna dan memerlukan 2–4 minggu untuk pemulihan. Namun, terdapat manfaat jangka panjang pada mereka yang menderita wasir tingkat 3 dibandingkan dengan ligasi gelang karet. Ini merupakan penanganan yang direkomendasikan pada mereka yang menderita hemoroid eksterna karena trombosis jika dilaksanakan dalam waktu 24–72 jam. Salep Gliseril trinitrat setelah pembedahan, dapat mengurangi nyeri dan membantu penyembuhan.

Dearterialisasi hemoroid trans-anal dengan panduan doppler, merupakan pengobatan yang bersifat invasif minimal dengan menggunakan ultrasonografi doppler untuk menentukan lokasi aliran darah arteri secara akurat. Arteri ini kemudian “diikat” dan jaringan yang prolaps akan kembali ke posisi normal. Melalui prosedur ini tingkat kemunculan berulang agak tinggi, tetapi memiliki tingkat komplikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan hemoroidektomi.

Hemoroidektomi dengan stapler, juga dikenal dengan hemoroidopeksi dengan stapler, merupakan prosedur yang mencakup pengangkatan jaringan hemoroid yang secara abnormal membesar, diikuti dengan reposisi jaringan hemoroid yang tersisa ke posisi anatomi yang normal.

Prosedur ini tidak terlalu sakit dan proses penyembuhan lebih cepat dibandingkan dengan pengangkatan total hemoroid. Namun, kemungkinan hemoroid simptomatis untuk kembali lebih besar dibandingkan dengan dengan hemoroidektomi konvensional oleh karena itu prosedur ini hanya disarankan untuk penyakit tingkat 2 atau 3.

Epidemiologi

Epidemiologi adalah studi tentang seberapa sering suatu penyakit terjadi pada kelompok orang yang berbeda dan mengapa. Informasi epidemiologi digunakan untuk merencanakan dan mengevaluasi strategi untuk mencegah penyakit dan sebagai panduan untuk pengelolaan pasien yang telah mengembangkan penyakit tersebut.

Epidemiologi menggunakan beragam alat-alat ilmiah, dari kedokteran dan statistik sampai sosiologi dan antropologi. Banyak penyakit mengikuti arus migrasi penduduk, sehingga pemahaman tentang bagaimana penduduk bergerak mengikuti musim sangat penting untuk memahami penyebaran penyakit tertentu pada populasi tersebut. Epidemiologi tidak hanya berkutat pada masalah penyebaran penyakit, tetapi juga dengan cara penanggulangannya.

Cukup sulit untuk menentukan tingkat kekerapan penyakit ini secara umum karena tidak banyak pasien yang menemui penyedia layanan kesehatan. Namun, diperkirakan hemoroid yang bergejala mengenai setidaknya 50% dari populasi di AS pada suatu waktu dalam hidupnya dan sekitar ~5% dari populasi terkena penyakit ini setiap waktu. Kedua gender kurang lebih mengalami kondisi insidens yang sama dengan tingkat kemunculan yang tinggi pada usia 45 dan 65 tahun.

Umumnya lebih sering muncul pada Kaukasia dan orang dengan status sosioekonomi yang tinggi. Hasil jangka panjang pada umumnya baik, walaupun sejumlah orang mengalami episode simptomatik yang muncul kembali. Hanya sebagian kecil pasien yang memerlukan tindakan operasi kembali.

Penyebab wasir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa wasir di bedakan menjadi dalam dua tipe, yaitu wasir eksternal dan wasir internal. Sekarang akan kami jelaskan hal – hal yang dapat menjadikan sebab terjadinya wasir.

Apa penyebab hemoroid eksternal?

Penyebab paling umum dari wasir eksternal adalah mengejan pada saat  buang air besar. Wasir berkembang saat pembuluh darah dubur atau anus menjadi melebar atau membesar dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya wasir berupa ” wasir internal” atau “wasir eksternal.” Wasir eksternal biasanya ditemukan di bawah kulit yang mengelilingi anus.

Gejala

Mengetahui gejala hemoroid luar

Ada berbagai gejala atau ciri-ciri  yang dapat mempengaruhi seseorang dengan wasir. Gejalanya cenderung bervariasi tergantung dari beratnya wasir Anda. Beberapa gejala yang mungkin Anda miliki meliputi:

  • Gatal di sekitar anus atau daerah dubur
  • Sakit di sekitar anus
  • Benjolan di dekat atau sekitar anus
  • Darah di bangku

Anda mungkin melihat pendarahan saat berada di kamar mandi. Hal Ini termasuk ketika anda melihat darah di atas tissu toilet atau di toilet. Benjolan di sekitar anus mungkin terasa seolah bengkak.

Gejala ini juga bisa terjadi karena kondisi lain. Tapi jika Anda mengalami gejala ini, Anda harus menjadwalkan ujian dengan dokter Anda.

Penyebab

Apa penyebab wasir eksternal?

Penyebab wasir yang paling umum adalah diare atau  buang air besar terus berulang-ulang. Hal ini sering disebabkan oleh kasus konstipasi atau diare yang parah . Saring menghalangi aliran darah masuk dan keluar dari daerah tersebut. Hal ini menyebabkan penyatuan darah dan pembesaran pembuluh darah di daerah itu. Selain diare Wanita hamil juga berisiko mengalami wasir karena tekanan rahim pada pembuluh darah ini.

Faktor Risiko

Siapa saja yang berisiko terkena wasir eksternal?

Genetik – Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu resiko seseorang terkena wasir. Jika orang tua Anda memiliki wasir, Anda mungkin lebih cenderung memilikinya juga. Wasir juga bisa disebabkan oleh kehamilan.

Usia – Seiring bertambahnya usia, wasir bisa terjadi karena tekanan yang meningkat akibat duduk banyak. Dan apapun yang menyebabkan Anda mengalami regangan pada saat buang air besar dapat menyebabkan wasir eksternal.

 

Jika Anda tidak yakin dengan apa penyebab wasir Anda, dokter Anda mungkin bisa menentukan penyebabnya.

Diagnosa

Bagaimana hemoroid eksternal didiagnosis?

Karena banyak gejala wasir eksternal juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, perlu adanya pemeriksaan mendalam. Dokter Anda mungkin menggunakan serangkaian tes untuk mengkonfirmasi adanya wasir eksternal di dekat anus. Tes ini bisa meliputi:

  • Proktoskopi
  • Ujian rektum digital
  • Kolonoskopi
  • Sigmoidoskopi
  • Anoscopy

Dokter Anda mungkin akan memulai dengan pemeriksaan fisik . Pada kasus wasir eksternal, mereka mungkin bisa melihat wasir.

Jika dokter Anda menduga bahwa Anda menderita wasir internal dan bukan wasir eksternal, mereka mungkin menggunakan anoscopy untuk memeriksa bagian dalam anus. Wasir internal juga bisa dilihat dengan colonoscopy, sigmoidoscopy, atau proctoscopy.

Hubungi dokter ahli internis atau ahli bedah umum di dekat Anda.

 

Pengobatan

Bagaimana cara Mengobati wasir eksternal?

Wasir bisa diobati beberapa cara tergantung tingkat keparahannya. Dokter Anda mungkin bertanya apakah Anda memiliki preferensi untuk beberapa jenis obat atau perawatan tertentu.

Beberapa perawatan umum yang mungkin disarankan oleh dokter Anda adalah dengan mengunakan es batu untuk mengurangi pembengkakan, supositoria , atau krim ambeien.

Pilihan ini dapat memberikan kelegaan bagi individu yang memiliki kasus wasir yang lebih ringan. Jika Anda memiliki kasus yang lebih parah, dokter mungkin menyarankan perawatan dengan prosedur operasi.

Perawatan bedah meliputi:

  • Pengangkatan wasir, dikenal sebagai hemorrhoidectomy
  • Pembakaran jaringan ambeien dengan foto inframerah, laser, atau koagulasi listrik
  • Sclerotherapy atau rubber band ligation untuk mengurangi wasir

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah wasir eksternal berkembang?

Faktor utama untuk mencegah wasir eksternal adalah untuk menghindari mengejan saat buang air besar. Jika Anda mengalami konstipasi parah, Anda mungkin ingin mencoba menggunakan alat bantu seperti obat pencahar atau termasuk lebih banyak serat dalam makanan Anda.

 

Pelunak feses adalah pilihan over-the-counter populer lainnya yang dapat membantu Anda dengan sembelit sementara karena kehamilan atau faktor lainnya. Jika pilihan ini tidak membantu, Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter tentang pilihan lain untuk mengurangi ketegangan.

Saran

Apa saran jangka panjang untuk hemoroid eksternal?

Wasir adalah kondisi yang cukup umum. Banyak orang sembuh dengan perawatan yang tepat. Pada kasus hemoroid luar yang parah, metode pembedahan mungkin diperlukan untuk perawatan. Orang yang menderita wasir luar yang parah mungkin hanya memperhatikan pengurangan gejala sebagai akibat dari jenis pengobatan ini.

Sejarah

Yang pertama kali menjelaskan tentang rasa sakit ini adalah papirus Mesir dari 1700 tahun sebelum masehi yang menyatakan: “… Engkau harus memberikan racikan, suatu cairan yang memberikan perlindungan luar biasa; daun Akasia, dihaluskan, murnikan dan masak bersamaan.

Oleskan secarik kain linen halus disana -tempelkan di anus, dia akan sembuh dengan segera.” Pada tahun 460 SM, Hippocratic corpus membicarakan tentang pengobatan yang mirip dengan penanganan modern yang menggunakan ligasi gelang karet: “Dan hemoroid seperti itu dapat dirawat dengan cara menancapkan jarum dan mengikatnya dengan benang wol yang sangat tebal, dan jangan diangkat sampai terlepas dan jatuh, tinggalkan saja di situ; ketika pasien pulih, berikan terapi tumbuhan Hellebore padanya.

Celsus (25 SM – 14 M) menggambarkan prosedur ligasi dan eksisi, dan menceritakan kemungkinan komplikasinya. Galen menganjurkan untuk mematikan pembuluh arteri ke vena, serta mengklaim bahwa cara ini dapat mengurangi nyeri sekaligus mencegah penyebaran gangren. Buku Susruta Samhita, (Abad ke-4 – 5 M), hampir sama seperti yang diucapkan oleh Hippocrates, tetapi lebih menekankan pada kebersihan luka.

Pada abad ke-13, para ahli bedah dari Eropa seperti Lanfranc of Milan, Guy de Chauliac, Henri de Mondeville dan John of Ardene membuat kemajuan besar dan mengembangkan teknik-teknik pembedahan.

Baca Juga  Nama Obat Ambeien Bentuk Peluru di Apotik

Kata “hemorrhoid” pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1398, yang berasal dari Prancis kuno “emorroides”, dari bahasa Latin “hæmorrhoida -ae”, berasal dari Yunani “αἱμορροΐς” (haimorrhois), “penyebab keluar darah”, dari “αἷμα” (haima), “darah” + “ῥόος” (rhoos), “saluran, aliran, arus”, dengan sendirinya dari “ῥέω” (rheo), “mengucur, mengalir”.

Wasir pada wanita

 

Penyebab ambeien pada wanita

Penyebab Penyakit wasit/ambeien pada wanita- Diseluruh bagian tubuh terdapat banyak pembuluh darah yang penting bagi kelangsungan seluruh organ tubuh. Dari seluruh organ, Pembuluh darah juga dapat mengalami gangguan kesehatan apbila kurang dijaga dengan baik. Hal ini terjadi kerena banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat orga tubuh secara benar. Ganguan kesehatan yang bisa dialami pada pembuluh darah yaitu penyakit yang dikenal dengan nama ambeien.

Penyakit Ambeien ialah penyakit dimana keadaan pembuluh darah mengalami pembengkakan, karena pembengkakan itu bagian pembuluh darah akan mengakibatkan masalah pada fungsinya. Pembuluh darah akan terjadi malfungsi walaupun tidak terllalu signifikan.

Penyakit ambeien dapat menyerang siapa saja tak terkecuali wanita. Penyakit Wasir / Ambeien akan dialami pada wanita apabila ia tidak menjaga kesahatan tubuhnya dengan baik sehingga akibatnya akan menyebabkan gangguan kesehatan yang berupa gangguan fungsi yang sering disebut dengan penyakit ambeien.

Penyakit ambeien bisa dialami oleh wanita dan juga pria karena ada penyebab yang mereka miliki bisa beresiko untuk menderita penyakit ambeien. Penyakit ambeien pada wanita tidak jarang dialami karena tidak sedikit penyebab ambeien pada wanita. Ambeien bukanlah penyakit yang berbahaya, namun penyakit ini sering dianggap sebagai penyakit yang memalukan.

Penyebab ambeien pada wanita

Wanita memiliki resiko yang besar untuk menderita penyakit ambeien karena ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya penyakit ambeien. Penyakit ambeien pada wanita memiliki beberapa faktor pemicu, atau ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ambeien pada wanita seperti dibawah ini :

• Hamil, penyebab ambeien pada wanita bisa disebabkan karena kehamilan yang sedang dialami. Sehingga tidak sedikit wanita hamil yang menderita sembelit, baik yang ringan ataupun yang parah. Hamil bisa menjadi penyebab ambeien pada wanita karena pada saat hamil ada janin di dalam rahim yang menekan pembuluh darah dan memicu pembengkakan pada pembuluh darah. Dan kondisi seperti itulah yang bisa memicu ambeien terjadi.

• Sembelit, penyakit ambeien juga bisa di alami karena disebabkan oleh sembelit. dikarenakan sembelit tidak jarang juga dialami oleh wanita, dan akibatnya bisa menyebabkan wanita sembelit jangka panjang. Penyebab ambeien pada wanita karena sembelit akibat menahan buang air besar ataupun juga bisa karena makan makanan yang mengandung banyak lemak seperti daging yang terlalu banyak serat sehingga sulit dicerna.

• Kurang minum air putih, penyebab ambeien pada wanita bisa dialami karena kurang minum. Kurang minum akan penyebab kurangnya konsentrasi, kulit kering, dan menghambat fungsi tubuh, Salah satunya pencernaan yang akan menyebabkan sembelit atau konstipasi seperti diatas sehing bisa berujung pada sakit ambeien jika masih terulang.

• Batuk parah, batuk bisa menjadi penyebab ambeien. Pada wanita batuk parah juga dapat mengakibatkan ambeien dikarenakan dari adanya bagian tubuh yang kurang baik fungsinya sehingga batuk batuk akan terus akan dialami, dengan demikian penyakit ambeiein akan dialami juga.

• Kurang olahraga, penyakit wasir / ambeien yang dialami oleh wanita bisa deisebabkan dari kurang olahraga. Banyak wanita malas untuk berolahraga sehingga terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Dengan begitu berat badan akan terus bertambah. Berat badan yang berlebihan dapat memicu terjadinya ambeien pada wanita.

Itulah beberapa penyebab penyakit wasir / ambeien pada wanita, hal pertama yang akan dialami adalah merka akan meraakan benjolan pada area rektum. Benjolan ini akan teraas ketika mereka meraba bagian rektum. Rasa gatal yang menyiksa disertai rasa panas sehingga akan menyebabkab perasaan sangat tidak nyaman bagi penderita ambeien.

Penyakit ambeien pada wanita juga akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada saat duduk terlalu lama apabila tidak sering merubah posisi duduknya. Penyakit ambeien juga dapat menimbulkan pendarahan pada anus atau rektum apabila sudah semakin besar. Benjolan di bagian rektum akan meyebabkan keluarnya darah sehingga akan menetes keluar.

Oleh sebab itu, bagi penderita ambeien pada pria ataupun wanita sebelum kondisi rektum yang memiliki benjolan semakin besar, maka sebaiknya dilakukan pengobatan, agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang berlanjut dan semakin parah.

Cara mengobati dapat dilakukan dengan mudah melaui bahan – bahan alami, banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati ambeien yang ada disekitar kita. Namun kadang banyak orang yang tidak punya waktu untuk mencari bahan-bahan tersebut. Kini telah hadir obat ambeien alami yang ampuh yang sudah tebukti mampu menyembuhkan penyakit wasir/ambeien dengan tuntas tanpa efek samping.

Bаgаіmаnаkаn саrа mеngаtаѕі аmbеіеn dеngаn сераt, аmаn dаn tuntаѕ? Pеngоbаtаn уаng раlіng tераt ѕеkаlі adalah dеngаn mеnggunаkаn оbаt hеrbаl. Saat ini obаt hеrbаl аmbеіеn уаng ѕudаh tеrbuktі kеаmрuhаnуа dаn tеrреrсауа оlеh mаѕуаrаkаt Indоnеіѕа bаhkаn ѕаmраі kеluаr nеgеrі аdаlаh AMBEJOSS + ZAITOP + SALEP SALWA.

AMBEJOSS + ZAITOP + SALEP SALWA adalah metode pеngоbаtаn dеngаn mеnggunаkаn bаhаn уаng аlаmі yang kaya аkаn bаnуаk ѕеkаlі manfaatnya јіkа dіbаndіngkаn dеngаn реngоbаtаn melalui ореrаѕі аtаuрun dengan obat kіmіаwі. Dеngаn mеnggunаkаn bаhаn-bаhаn аlаmі yang tersedia di bumi Indonesia аndа аkаn tеrhіndаr dаrі еfеk ѕаmріng yang mungkin akan membuat semakin memperburuk kondisi wasir anda.

Kеuntungаn јіkа аndа mеmbеlі AMBEJOSS + ZAITOP + SALEP SALWA аndа аkаn mеndараtkаn kеѕеmbuhаn dеngаn hаrgа уаng lеbіh еkоnоmіѕ dan ѕаngаt tеrјаngkаu ѕеkаlі sehingga tіdаk аkаn membuat kаntоng аndа tеrkurаѕ. Cukuр dеngаn Rр. 295.000,00– Andа bіѕа mеndараtkаn рrоduk іnі. Bаhkаn аndа bіѕа mеngоbаtі аmbеіеn ѕесаrа сераt dan tuntas tanpa takut kambuh lagi dikemudian hari.

Cаrа ini akan mеngаtаѕі аmbеіеn anda dengan lеbіh еfеktіf јіkа dі bаndіngkаn dеngаn mеnggunаkаn оbаt-оbаtаn уаng dі реrоlеh dаrі аpotіk mаuрun dеngаn mеlаkukаn реngоbаtаn ореrаѕі yang аkаn јаuh lеbіh mаhаl, jika anda melakukan pengobatan dengan cara dioperasi maka аndа dapat mеngеluаrkаn uаng hіnggа рuluhаn јutа rupiah, namun јіkа dі bаndіngkаn dеngаn mеngguаnаkn AMBEJOSS + ZAITOP + SALEP SALWA anda tіdаk perlu lagi risau аkаn mеngurаѕ uаng аndа.

Tіdаk hаnуа іtu јugа, реngоbаtаn аmbеіеn dеngаn mеngаndаlkаn Ambејоѕѕ kаmі јаmіn аmаn tаnра mеnіmbulkа еfеk ѕаmріng уаng bеrbаhауа bаgі kеѕеhаtаn аndа. Bаnуаk ѕеkаlі оrаng уаng ѕudаh mеngоbаtі реnуаkіt аmbеіеn dеngаn cara ореrаsі dаn bіауа уаng dikeluarjan сukuр mаhаl, bahkan banyak juga yang mаlаh kаmbuh lаgі ambeiennya.

Jіkа аndа ѕudаh mеlаkukаn kоnѕultаѕі dеngаn kаmі, baik mеlаluі Telepon, SMS, BBM, dаn Whаtѕарр maka kаmі аkаn mеnуаrаnkаn аndа untuk mеngguаnаkаn оbаt wаѕіr аmbеіеn ароtіk аtаu dеngаn nаmа lаіn Ambејоѕѕ, dеngаn іzіn dаrі уаng mаhа kuаѕа, Alhаmdulіllаh sudah bаnуаk ѕеkаlі penderita wasir/ambeien уаng mеmреrоlеh kеѕеmbuhаn ѕесаrа tоtаl dаlаm wаktu уаng ѕаngаt ѕіngkаt hanya dengan ѕеkіtаr 3 hаrі pengobatan.

AMBEJOSS + ZAITOP + SALEP SALWA

Ambејоѕѕ, Zaitop dаn Sаlер ѕаlwа mеruраkаn ѕаtu раkеt оbаt wаѕіr ароtіk уаng tераt untuk аndа. Obat ini diformulasikan untuk mаmрu mеngоbаtі аmbеіеn luаr maupun аmbеіеn dаlаm. Tіdаk hаnуа іtu saja Ambејоѕѕ, Zaitop dаn Sаlер ѕаlwа juga ѕаngаt еfеktіf ѕеkаlі untuk dapat mеnghіlаngkаn аmbеіеn ѕесаrа аmаn, сераt dаn tuntаѕ dan juga tіdаk аkаn mеnіmbulkаn kеtеrgаntungаn pada оbаt dаn serta tіdаk akan аdа еfеk ѕаmріngnуа.

Izin Resmi DINKES RI 442/00060/V-2 Serta BPOM : POM TR 163 395 051

Obat wasir / ambeien Ambejoss, Zaitop dan Salep Salwa

Khasiat obat ambeien alami Ambejoss + Zaitop + Salep Salwa
  1. Membantu untuk meringankan penyakit wasir atau ambeien.
  2. Membantu secara cepat untuk mengobati penyakit wasir atau ambeien.
  3. Bisa membantu memasukan kembali ujung benjolan kedalam dubur.
  4. Menghilangkan benjolan wasir yang kecil maupun yang besar.
  5. Menghentikan pendarahan saat BAB.
  6. Menghilangkan rasa nyeri, panas, gatal dan di area dubur.
  7. Mengandung zat emolien membantu melancarkan BAB atau sembelit.
  8. Mengurangi rasa ngilu dan sakit pada saat duduk lama dan BAB.
  9. Ambjeoss terbukti ampuh tanpa operasi dan tanpa efek samping.
  10. Mengembalikan siklus dubur yang robek atau sobek.
  11. Melancarkan aliran darah di dubur.

Keuntungan Membeli Ambejoss + Zaitop + Salep Salwa
  1. Ambejoss dan salep salwa sudah ada izin resmi dari pemerintah Republik Indonesia, salah satu Visi dan Misi perusahan De Nature adalah membantu anda meningkatkan kesehatan dengan harga murah, salah satunya adalah diwujudkannya obat ambeien Ambejoss yang sudah dapat lisensi BPOM : POM TR. 163 395 051 yang sudah merupakan bukti bahwa Obat ambeien alami tradisional herbal sudah dipercaya. Maka dari itu anda tidak usah ragu lagi menggunakan produk ini yang sudah terbukti berkualitas.
  2. Tidak perlu dioperasi dan ke dokter, Banyak sekali penderita ambeien yang ingin berobat kedokter. Jika anda pergi berobat kedokter maka biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal, rata-rata penderita penyakit ambeien juga sangat takut untuk menjalani operasi. Maka dari itu jika anda menggunakan Obat Ambeien Alami Tradisional Herbal dan alami Ambejoss, ini adalah merupakan sebuah solusi pengobatan yang menguntungkan, Anda tidak harus pergi ke dokter untuk melakukan operasi yang biayanya cukup mahal, insya Alloh anda akan dapat kesembuhan secara tuntas dan cepat.
  3. Proses pengobatan yang sangat efektif dan cepat, aman bagi Ibu hamil dan menyusui. Proses ini menggunakan resep obat ambeien, tradisional, dan ampuh tanpa ada efek samping, obat herbal ambeien sangat jauh lebih ekonomis jika kita bandingkan dengan obat kimiawi. Dengan obat ambeien alami Ambejoss ini, cukup dengan mengeluarkan uang Rp.295.000,- Anda sudah bisa memperoleh produk yang akan membantu anda  untuk dapat memperoleh kesembuhan secara total tanpa takut kambuh kembali dikemdian hari.4. Hemat biaya dan waktu, Obat ambeien AMBEJOSS + ZAITOP + SALEP SALWA banyak menjadi pilihan nomer satu di masyarakat, karena selain bagus, aman dan tidak ada efek sampingnya dibandingkan dengan obat yang lain, Obat Ambeien Alami Tradisional Herbal Ambejoss ini mengutamakan kenyamanan anda atau privacy pelanggan, Agar anda senantiasa mendapatkan kenyamanan dalam berkomunikasi, De Nature melakukan penjualan secar online dengan bertujuan penuh untuk menjaga privacy obat dan customer. De Nature selalu mengirimkan kemasan paket obat dalam bentuk rapi dan polos, hal ini dimaksudkan agar customer tidak merasa terganggu serta khawatir dengan privacynya yang akan diketahui oleh banyak orang.
  4. Kami telah bertahun-tahun melayani pengiriman obat wasir tradisional ini melalui jasa paket untuk dikirim ke berbagai penjuru negeri, dari mulai kota besar seperti Bandung, Jakarta, Makasar, Lampung, Bengkulu, Riau, Jambi, Batam, Surabaya, Medan, Jayapura, Yogyakarta, dan lain-lain dengan menggunakan jasa pengiriman seperti JNE, TIKI, dan POS Indonesia. Ambejoss dan salep Salwa juga bisa di beli melalui online di http://obatambeienalami.id/ ini, anda tidak usah malu atau ragu lagi, anda bisa melakukan konsultasi kepada customer service kami dengan nyaman ke nomer : 08-222-9999-161 kami siap melayani anda dalam waktu 7 kali 24 jam.

Cara Order Salep obat ambeien

Apakah anda ingin memperoleh kesembuhan dari penyakit ambeien?

Lakukan langkah-langkah berikut ini :

Kirim SMS dengan format :

Kirim SMS dengan format:
NAMA # ALAMAT # OBAT WASIR
 Kirim ke: 08-222-9999-161  
Selanjutnya customer service kami akan memandu Anda order produknya

Jika Anda menggunakan ponsel, cukup klik tombol di bawah ini

order obat ambeien otomatis

Info: Untuk Chat WhatsApp Jika Tidak Muncul di Klik pertama, Silahkan klik tombol nya sampai 2-3 kali karena memang sistem WA nya sendiri yang kadang kurang sempurna

Harga Sebelumnya Rp. 335.000,-
Harga Sekarang Rp. 295.000,-
( harga sewaktu-waktu bisa naik lagi..!! )

Save

Jangan sekali-kali anda tunda pengobatan ini !!..

Gunakan obat ambeien alami yang tepat !!

Jangan sampai penyakit ambeien sampai menggagu kehidupan anda. Segera sembuhkan penyakit ambeien atau wasir anda dengan menggunakan AMBEJOSS + ZAITOP + SALEP SALWA yang sudah terbukti aman, ampuh dan terpercaya. Sebaiknya anda melakukan penerapan pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit ambeien.

Save

Save